Senin, 22 November 2010

Mesin Legendaris TOYOTA

Era 90-an merupakan era emas bagi Toyota karena keberhasilan Toyota menciptakan sebuah mesin kencang, andal, dan tangguh. Bahkan salah satu mesin Toyota ini pernah menjuarai ajang balap kelas dunia seperti WRC. Hanya saja mesin ini sudah tidak ada lagi di line-up mobil Toyota jaman sekarang karena tuntutan efisiensi BBM dan standar emisi gas buang. Apa saja mesinnya, ini dia

1. 4A-GE

Mesin ini ada di Toyota Corolla Levin dan Sprinter Trueno. Mesin ini terkenal mudah dioprek, murah harganya, dan tahan banting. Maka tak heran mesin ini andal bagi para drifter atau pembalap turing di zamannya. Istimewanya, mesin ini membuat performa AE86 seimbang secara keseluruhan. Di Indonesia sempat muncul mobil Toyota yang dijual resmi oleh ATPM yakni Corolla Twincam GTi.



2. 2JZ-GTE

Inilah mesin Toyota andalan penggemar kecepatan dan merupakan jawaban dari mesin RB26DETT-nya Nissan. Mesin ini juga menjadi favorit tuner karena adanya twin turbo di mesin ini sehingga dapat diupgrade hingga 600HP lebih dan memiliki torsi yang besar dari putaran rendah dengan mudah menurut mereka. Maka tak heran mobil ini begitu andal di ajang zero-yon atau drag race 0-400m dan di ajang drifting. Mesin 2JZ-GTE dan mobil berbodi besar merupakan kombinasi yang pas antara mesin dan bodi mobil ini. Mobil Toyota yang menggunakan mesin ini adalah Toyota Supra dan Toyota Aristo.




3. 3S-GTE

Merupakan mesin balap Toyota yang sering dipakai di ajang balap. Sebab mesin ini selalu dipakai di ajang JTCC, JGTC, dan WRC. Mesin ini terkenal kencang, tangguh, dan andal di jalan yang banyak tikungan, seperti 4A-GE. Bahkan mesin ini keandalannya terbukti dengan sanggupnya Celica juara di ajang WRC dan mempelopori mobil Jepang pertama yang juara WRC. Mobi Toyota yang memakai mesin ini adalah Celica GT-Four.



4. 3S-GE

Merupakan versi non-turbo dari 3S-GTE. Walaupun non-turbo, mesin ini tetap menjadi andalan balap. Sebab mesin ini sering dipakai di beberapa ajang balap kelas dunia seperti JTCC, BTCC, dan lainnya. Hebatnya, mesin ini pernah menjadi andalan tim balap BTCC, ABG Motorsport, dengan mobil Lexus IS200 pada tahun 2001. Di Indonesia, mesin ini sempat menjadi andalan balap turing kelas supercar dengan mobil Greco dan balap retro dengan mobil Corolla DX. Mobil Toyota yang memakai mesin ini adalah Toyota Celica era 80-90-an dan Toyota Altezza.



5. 1JZ-GTE

Merupakan pendahulu dari 2JZ-GTE. Mesin ini pernah menjadi andalan di JTCC grup A dengan mobil Toyota Supra JZ70 atau Mk III. Mesin ini juga merupakan andalan penggemar kecepatan karena mesin ini kurang lebihnya bisa diupgrade hingga 500HP lebih dan bertorsi tinggi. Baik untuk drift maupun drag. Namun penggemar kecepatan dan drifting lebih memilih engine swap 2JZ-GTE karena lebih bertenaga dan bertorsi. Setidaknya mesin ini menjadi alternatif dari 2JZ-GTE untuk bahan engine swap karena mesin ini lebih kompatibel dengan mobil yang berbodi lebih kecil dengan kapasitas mesin yang lebih kecil sekitar 2500cc atau untuk drifter pemula ke amatir.


sumber : http://www.kaskus.us/showthread.php?t=5586284

DAMPAK PEMBANGUNAN YANG TIDAK SESUAI DENGAN HUKUM LINGKUNGAN HIDUP PADA KESEIMBANGAN ALAM

  Kemajuan pembangunan yang terus berkembang secara pesat baik di wilayah perkotaan maupun pedesaan membawa berbagai macam dampak positif hi...