Kamis, 04 November 2010

Apakah Allah nya ISLAM sama dengan Allah Kristen ?

Allah, orang sering menyebut kata-kata Allah baik Islam maupun Kristen hanya saja pengucapannya yang bebeda,, disini saya akan menguraikan perbedaan secara etimologi dan makna dari kata Allah itu sendiri.

1. Allah nya Islam

mengapa saya memakai "Allah nya islam", karena berdasarkan pengamatan saya, bahwa orang islam yang "awam" berpandangan bahwa Allah adalah sebutan tuhan yang hanya untuk orang islam, selebihnya tidak. Hal inilah yang perlu diluruskan jika ditelisik dari etimologi kata Allah berasal dari bahasa arab al - illah yang berari Tuhan. Kata "Allah" disebutkan lebih dari 2679 kali dalam Alquran.

2. Allah nya Kristen

didalam injil, saya tidak menyebut alkitab karena alkitab etimologinya dari bahasa arab "kitabun" yang berati buku , dengan demikian alquran juga dapat disebut sebagai alkitab, sudah tentu berbeda sangat mendasar antara kitab alquran dengan injil.
Yang dimaksud Allah didalam injil dalam bahasa Indonesia adalah kata "Allah" untuk "Tuhan Bapa". Jadi, Allah dalam Kekristenan berbeda dengan Allah dalam pengertian ajaran Islam. Secara pengucapan juga ada perbedaan dengan Allah dalam tradisi Islam. Allah dalam Kristen diucapkan dengan 'alah', bukan 'awlloh' seperti umat Islam ucapkan, Allah dalam tradisi Islam diucapkan dengan logat arab.

Umat manusia sejak awal kehadirannya telah memberikan nama yang berbeda-beda, sesuai dengan bahasa yang digunakan masing-masing, kepada kausa prima alam keberadaan. Orang Persia menyebutnya Yazdan atau Khoda. Orang Inggris menyebutnya Lord atau God. Kita menyebutnya Tuhan atau Sang Hyang. Dialah Tuhan Maha Sempurna.

Yang menjadi permasalahan adalah perbedaan dari kata Allah sendiri itu apa? menurut hemat saya istilah Allah hanya sebuah sebutan bagi Tuhan dari keyakinan masing-masing umat, saya menyesalkan tindakan pemerintah Malaysia yang mengklaim bahwa istilah Allah hanya milik umat islam, Padahal jauh sebelum Agama Islam ada, Zaman Jahilliyah (bodoh) di arab mereka menyebut patung sesembahan mereka dengan istilah Allah.
dari sini dapat disimpulkan bahwa kata Allah bukanlah hanya milik Islam melainkan semua umat yang memberi sebutan pada tuhannya masing masing, terlepas dari umat kristen yang menyebut Tuhan Bapa,Allah, Roh kudus.

Dengan demikian Persamaan Antara Allah nya Islam dengan Allah nya Kristen adalah sama-sama "Tuhan" secara kontekstual, secara konseptual "Berbeda".

Wallahuallam....



4 komentar:

Anonim mengatakan...

kenapa agama diperdebat, apakah org tak beragama lantas tak boleh masuk surga oleh Tuhan, yg utama adalah saling kasih dan perbuatan kita selama hidup. Bukan agamanya.

satria pantang mundur mengatakan...

saya tidak memperdebatkan agama,,agama memang tidak harus diperdebatkan melainkan dilakukan (diamalkan. ini hanya sebuah upaya untuk meluruskan (sejauh yang saya tahu), apabila anda berkenan memberikan tanggapan ya silahkan,, Yang saya sesalkan mengapa pemerintah Malaysia menganggap "Allah" hanya untuk umat islam (saya sendiri juga muslim)??

Anonim mengatakan...

saya jadi tidak yau dengan apa yang saya baca...
cuma bikin pusing, tulisan ini jelek.


DOYOK

satria pantang mundur mengatakan...

@doyok trimakasih mas, atas masukannya,dan sudah mampir diblog ane, semoga kedepan menjadi lebih baik. hehe...

DAMPAK PEMBANGUNAN YANG TIDAK SESUAI DENGAN HUKUM LINGKUNGAN HIDUP PADA KESEIMBANGAN ALAM

  Kemajuan pembangunan yang terus berkembang secara pesat baik di wilayah perkotaan maupun pedesaan membawa berbagai macam dampak positif hi...